Friday, March 30, 2007

kenisah : modernisasi

MODERNISASI
 
Berikut ini adalah interpretasi pribadi saya yang tercipta dan ter-' tangkap' sekilas setelah setengah mati saya membaca tulisan sosiolog Iran,-- siapa lagi bila bukan .....Mr. Ali Syari'ati. Menurut Syari'ati, semenjak renaisans dan revolusi industri, jelas sudah arah nahkoda peradaban Eropa adalah ke modernisasi dan konsumsi. Dalam penekanan buah pikirnya di naskah 'Peradaban dan Modernisasi', Syari'ati menjelaskan bahwa pangkal muasalnya adalah didewakannya mesin produksi, dimana semenjak revolusi industri terus - menerus dipacu produktivitasnya. Mesin produksi --pabrik-- dituntut untuk selalu berproduksi hari ini lebih banyak daripada kemarin. Sebetulnya ini adalah hal lumrah. Dalam hitungan teknik, hal ini biasa disebut dengan peningkatan unjuk-kerja. Dan hal ini adalah sah - sah saja. Efektifitas mesin produksi haruslah diukur dari skala produktivitas.
 
Yang jadi perkara adalah ketika pasar di Eropa sudah jenuh. Inilah yang di-'perkara'-kan oleh Syari'ati. Ya bagaimana lagi ? Mesin-mesin  ini terus saja mencetak produk - produknya makin banyak sahaja. Sementara untuk menyerap produk itu maka daya beli masyarakat didongkrak, daya konsumtif masyarakat ditingkatkan, ...tetapi tetap saja produksi lebih banyak dan lebih banyak. Dan ketika pasar Eropa sudah mbludak oleh barang - barang, maka direncanakanlah proyek lintas benua ekspansi penjualan. Mungkin hal ini mirip ekspansi di era penakluk-an. Cuma bedanya di era penakluk-an para saudagar dan tentara Eropa yang dipelopori Portugis, Spanyol, dan Inggris melakukan pendekatan Gold & Glory, ...dan kali ini mereka melakukan pendekatan dengan semboyan 'modernisasi'.
 
Yang dimaksud Syari'ati dengan modernisasi di sini adalah suatu aktivitas untuk mengubah masyarakat non-Eropa agar berlaku seperti orang Eropa, agar mereka menjadi konsumtif seperti masyarakat Eropa, dan lantas mereka membeli barang - barang produksi Eropa. Hal ini menyentuh hingga tingkat kultur / budaya. Yang jadi santapan empuk adalah para mahasiswa dari Asia dan Afrika yang sekolah di Eropa, mereka terendam dengan kampanye 'westernisasi' ini, mereka diusahakan meninggalkan tatakrama, pakaian, dan bahasa asal mereka...Mereka diubah agar berlaku, berpakaian, dan berbahasa seperti orang Eropa. Seakan gayung bersambut dengan pikiran Syari'ati --tokoh kulit hitam Franz Fanon  juga menganggap bahwa setelah para mahasiswa itu kembali ke tanah airnya, mereka menjadi agen Eropa untuk mengubah masyarakatnya.
 
Nggak cuma lewat 'mahasiswa', para pegiat'modernisasi' ini-pun ekspansi dan penetrasi beneran ke tanah jajahan. Tengoklah ketika jaman Belanda dulu orang Jawa tidak ada yang memakai rok. Semua wanita Jawa memakai kain batik (sewek). Tetapi karena ada unsur penetrasi, maka beberapa mulai mengenakan rok, dengan mengesankan bahwa mengenakan rok adalah bangsawan kelas atas.
Di Afrika dahulu kala kaum lelaki menunggang kuda dan demikian bangga dengan kudanya, namun kini mereka bangga dengan mengendarai mobil. Mungkin sampai sini pikiran Ali Syariati bisa dinilai terlalu ekstrim dan menggelikan. Lha iya mosok jaman sekarang mau naik kuda ?
 
Tapi ambil makna dari uraian Syariati berikut ini. Syariati muda adalah seorang mahasiswa sosiologi di kampus Eropa-- yang mana pernah hendak direkrut oleh sebuah pabrik mobil. Dalam interview, diuraikan bahwa marketing produk tersebut hendak menjual mobil ke Asia dan Afrika --karena pasar Eropa sudah jenuh. Salah satu caranya adalah mengubah sosio-kultur masyarakat 'terbelakang' tersebut. Dalam konteks modernisasi, maka Asia dan Afrika adalah terbelakang. Diceritakan juga salah satu cara sales kendaraan itu untuk bisa menjual mobilnya ke suku pedalaman di daerah Chad-Afrika adalah dengan memberikan dua mobil untuk diparkir di pintu gerbang rumah kepala suku sebagai ganti kuda elit yang biasa diikat disitu. Lantas dibangun jalan darurat sepanjang delapan kilometer melintas tengah desa di pelosok hutan itu, soalnya memang nggak ada jalan sama sekali. Dan bensin harus dikirim dengan sampan. Seorang sopir didatangkan khusus untuk nyopiri kepala suku hilir mudik beberapa kali dalam sehari. Lama - lama warga kepincut juga. Dengan cara seperti ini, mobil bisa terjual di daerah itu. Sebetulnya itu cuma hal mobil, tetapi yang dahsyat adalah bahwa masyarakat itu sudah berubah. Mereka semula mendewakan kuda, tetapi kini mereka mendewakan mobil --mirip cowboy Amerika yang dulunya gagah dengan kuda dan laso, namun kini mentereng dengan Ford dobel-kabin-nya.
 
Demikian juga dengan kosmetik, pakaian, alat elektronik dan simbol konsumtif --sekaligus simbol modernisasi. Semua itu hendak di-'jual' ke Asia dan Afrika dengan cara mengubah keinginan masyarakatnya. Bila dulu pengen pergi naik kuda, bagaimana caranya supaya mereka jadi pengen naik mobil ? Bila mereka dulu menghiasi wajahnya dengan getah karet, bagaimana caranya agar mereka mau memakai Christian Dior dibubuhkan ke pipinya ? Apabila dulu orang mengenakan sarung, bagaimana caranya supaya mau menjajal celana jeans ?
Fenomena masuknya jeans berarti menggusur sarung. Sarung yang berpola khas daerah akan hilang beserta alat tenunnya, musnah. Seperti mozaik Astec, seperti kaligrafi Arab, seperti relief candi Borobudur, pola sarung adalah hasil budaya. Artinya, sebagian peradaban dan budaya masyarakat tersebut ikut musnah bersamaan dengan dicampakkannya sang sarung tadi. Ini adalah pertanda keretakan budaya.
 
Menurut Syari'ati, semakin modern masyarakat, belum tentu menjadi semakin beradab. Karena ada bukti peradaban yang  luhung / tinggi --jaman dulu-- tetapi tidak membutuhkan Renault,  tidak butuh Christian Dior, dan alat elektronik juga nggak ada. Contohnya adalah jaman nabi Muhammad, jaman keemasan China, dan sebagainya. Dan menurut Syari'ati lagi, bahkan banyak masyarakat yang makin tidak beradab gara - gara ikut - ikutan mengkonsumsi produk modern dari Eropa tersebut.
Ya, modernisasi memang tidak sama dengan peradaban (madani), karena peradaban lebih menekankan masalah budaya, hukum, ideologi masyarakat, dan tatanan sosial. Sementara modernisasi adalah menekankan penggunaan peralatan dan barang'baru'.
 
Singkatnya, menurut Syari'ati apa yang dilakukan bangsa Eropa adalah mengembangkan pasar, mempromosikan gaya hidup konsumtif untuk menghabiskan produk mereka yang makin bejibun itu. Ke seluruh penjuru alam semesta kalo perlu. Salah satu kampanyenya adalah kampanye 'nilai universalitas' ala Eropa dan Amerika. Maksudnya adalah membuat bangsa non- Eropa menjadi seragam dengan bangsa Eropa --dalam rupa apa-pun seperti bentuk atap rumah, corak pakaian, gaya hidup-- sehingga mereka mengkonsumsi barang yang serupa juga. Dan yang terakhir, Eropa dan Amerika juga kampanye mengenai 'globalisasi dunia', dengan maksud agar seluruh dunia seragam dari sisi apapun termasuk ideologi dan -isme-nya, hukum, tatanan masyarakat, dan kondisi kulturnya  sehingga makin mudah dikendalikan dan menjadi pasar yang mampu menyerap produk mereka. karena  penghalang terbesar ekspansi pasar itu  adalah perbedaan -isme. Contohnya adalah dagangan rok mini musim panas yang demikian laku di Eropa, pasti penjualannya akan terganjal ideologi dan ajaran Islam di Asia.
 
Ah. Terus terang hal tersebut belum pernah saya pikirkan secara detail seperti itu. Sebagai seorang lulusan teknik, saya cukup ciut nyali juga ketika membaca analisa Syari'ati tentang dampak revolusi industri yang demikian getir ini. Namun bagaimana-pun Ali Syari'ati memang selalu memberi saya banyak hal - hal baru.[] haris fauzi - 30 maret 2007
 
 


Finding fabulous fares is fun.
Let Yahoo! FareChase search your favorite travel sites to find flight and hotel bargains.

13 comments:

Anonymous said...

Penjelasan terintegrasi dan rinci dari hubungan kolonialisme primitif antara ekonomi-politik dan budaya secara brilyan sudah dilakukan saat Soekarno muda, ya, Bung Karno, saat membahas aspek ajaran "Swadhesi" Mahatma
Gandhi pada konteks Hindia Belanda, sekitar tahum 1930-an. Lebih jauh lagi, Soekarno memliki strategi ideologi untuk menghadapi
ancaman imperialisme ekonomi-politik dan kultur itu, yaitu dengan ajaran "Trisakti" yang terkenal : berdikari di bidang politik, ekonomi dan budaya.
Dalam hal ini, kepiawaian analisa & strategi founding fathers yang lain tentu saja menandingi para pemikir dan pejuang kelas dunia lainnya.
Untuk saat ini, mungkin sedikit banyak masih ada relasinya dengan "neoliberalisme " dan "globalisasi informasi". Untuk yang di belakang ini, AS termasuk jagoan utamanya.

Anonymous said...

Hi, as you can see this is my first post here.
Hope to get any help from you if I will have any quesitons.
Thanks and good luck everyone! ;)

Anonymous said...

megan fox pictures, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187756]fake megan fox[/url] megan fox top
kim kardashian boobs, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187768]kim kardashian address[/url] watch kim kardashian full length sex tape online
song about taylor swift, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187772]taylor swift at her house[/url] love story lyrics by taylor swift
hannah montana sexy pics, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187786]on the road again hannah montana[/url] dress up hannah montana free
harry potter witch, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187792]harry potter belt buckle[/url] harry potter 1 or 2
cruise to nowhere + seattle, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187798]cruise seattle to sanfrancisco[/url] repositioning cruises alaska to panama
love me justin beiber, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187812]justin bieber where are you now mediafire[/url] facts about justin bieber
britney spears naked gimme more, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187814]181st britney spears[/url] britney spears flash games
megan fox no bra, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/175542]fox news acorn megan kelly[/url] megan fo naked

Anonymous said...

What's up

This is the best place to watch movies for free:
http://www.freemoviez.biz

You will like it

I hope you like it

[URL=http://www.freemoviez.biz][IMG]http://static.thepiratebay.org/img/firefox-22.png[/IMG][/URL]

Anonymous said...

hiya


great forum lots of lovely people just what i need


hopefully this is just what im looking for looks like i have a lot to read.

Anonymous said...

if you guys obligatory to disown to [url=http://www.generic4you.com]viagra[/url] online you can do it at www.generic4you.com, the most trusted viagra drugstore seeking generic drugs.
you can learn drugs like [url=http://www.generic4you.com/Sildenafil_Citrate_Viagra-p2.html]viagra[/url], [url=http://www.generic4you.com/Tadalafil-p1.html]cialis[/url], [url=http://www.generic4you.com/VardenafilLevitra-p3.html]levitra[/url] and more at www.rxpillsmd.net, the demanded [url=http://www.rxpillsmd.net]viagra[/url] informant on the web. well another great [url=http://www.i-buy-viagra.com]viagra[/url] pharmacy you can find at www.i-buy-viagra.com

Anonymous said...

Predilection casinos? scrutinization this young [url=http://www.realcazinoz.com]online casinos[/url] guide and contain a withstand up online casino games like slots, blackjack, roulette, baccarat and more at www.realcazinoz.com .
you can also impede our up to the minute [url=http://freecasinogames2010.webs.com]casino[/url] shun at http://freecasinogames2010.webs.com and conquer chief folding change !
another late-model [url=http://www.ttittancasino.com]casino spiele[/url] position is www.ttittancasino.com , because german gamblers, rise past manumitted online casino bonus.

Anonymous said...

Hi people,

What online zines do you read and would recommend?

For all you punkrock people out there I recommend The Enough Fanzine. It is one of the first emo zines on the internet.

They have throusands of interviews from the most popular bands all over the world. Check them out online: [url=http://www.enoughfanzine.com]Enough Fanzine[/url]. Best of it all, they are 100% non-profit and just helping the scene!

Looking forward to your recommendations.

Cheers!

Anonymous said...

I developed a Starcraft 2 web site located here:

[url=http://www.thedarkshrine.com]Starcraft 2[/url]
http://www.thedarkshrine.com

I will be going to be putting on a lot of things to it, such as replays, vods, maps, fpvods, live streams, tools, esports info and a lot more. There is a wiki there and really could use contributors to assist. I hope you people can register as my goal is for this site to be one of the strongest Starcraft II sites online. Please register soon as there will be a tourney. If you have any feedbacl please feel free to let me know!

Thx. Great board btw!

Anonymous said...

So I went ahead and splurged -- bought myself a [url=http://www.ordio.com.au/products/Fatman-iTube-ValveDock-Carbon-Edition-2.html]Fatman iTube Carbon[/url] and I've gotta tell ya I am extremely pleased. I actually listened to one at a friend's house a few months back and just couldn't get that sound out of my head because it blew me away. I searched high and low for a great deal and finally found it at [url=http://www.ordio.com.au]Ordio[/url] in Westfield Bondi Junction. I phoned them first and asked a bunch of questions and everything was answered to my satisfaction so I went ahead and bought it. Shipping was surprisingly fast. Everything was perfect. I'm pretty darn happy and I'm playing it right now. Not sure if they ship outside of Oz but you won't be sorry if they do.

Outstanding...

Michael

Anonymous said...

On life’s earnest battle they only prevail, who daily march onward and never say fail.
[url=http://replica-guccibags.weebly.com/]replica gucci bags[/url] replica-guccibags.weebly.com
[url=http://www.burberrysaleonline.info/]burberry outlet[/url] www.burberrysaleonline.info
[url=http://ugg-boots-saleon.blogspot.com/]ugg boots sale[/url] ugg-boots-saleon.blogspot.com
Only they who fulfill their duties in everyday matters will fulfill them on great occasions.
sale www.spyderjacketssale.info
black ugg boots black-boots-ugg.blogspot.com

Anonymous said...

Did you [url=http://www.onlinecasinos.gd]blackjack[/url] cognizant of that you can on Whirl Chƒteau without brake from your mobile? We take possession of in the offing a transcendence transportable casino elbow in the grant of iPhone, iPad, Android, Blackberry, Windows 7 and Smartphone users. Plagiarize tenantry of your gaming with you and be a combatant [url=http://www.avi.vg]online sex toys[/url] wherever you go.

Anonymous said...

The initial cost for these LED bulbs is high but they will pay back your investment within a few months.
The Decorative LED Lighting can be utilized in house lamps to
set a mood, to light up areas that need better lighting, or just to
make every day issues easier to see. The much talked about drawback, the lack of evenly distributed light in LED lamps too has been now satisfactorily
sorted out by Sharp with their proprietary coating technique
of the glass enclosure.

Here is my blog post: LED Wandleuchten