Thursday, November 08, 2012

Terlihat Tua

Umumnya, orang paruh baya lebih suka terlihat lebih muda daripada umur sebenarnya. Untuk usia 40-an, banyak yang merubah penampilan agar nampak lebih muda dan lebih segar. Sebetulnya, kalo boleh menyombong dikit-- saya termasuk orang yang nampak lebih muda dari usia saya sebenarnya, jadi saya tidak perlu melakukan usaha apapun agar terlihat muda. Bahkan saya kadangkala menginginkan berpenampilan nampak lebih tua dari kelihatan sekarang, setidaknya saya ingin nampak seperti umur saya sekarang.

Ini pengalaman saya yang menghendaki hal itu. Tahun 2001, usia saya 29 tahun. Saya mengikuti proses rekruitmen suatu perusahaan. Yang datang hari itu banyak orang dengan asist berbagai level. Kebetulan saya di asist untuk level manajemen. Di ruang tunggu saya berkenalan dengan beberapa orang, dan kebanyakan mereka mengira saya di-rekrut untuk posisi worker, yang kebanyakan diisi remaja usia 19 tahunan. Saya tidak perlu membuka 'kedok' saya, karena saya berprinsip cukup pihak yang akan melakukan interview kepada saya yang faham posisi saya. Walhasil, saya ditempatkan menunggu bareng para calon worker, sementara calon manajer berada di ruang lain, yang pastinya lebih nyaman. Setelah beberapa menit, akhirnya saya dipersilahkan memasuki ruang tunggu calon manajer.

Yang kedua, saya mendampingi direktur ke Taiwan. Kunjungan bisnis. Saat itu usia saya sekitar 33 tahun. Sebagai urusan bisnis, mungkin kurang tepat ketika itu saya tidak memotong rambut. Rambut belakang saya nyaris mencapai separuh punggung, depan panjang lurus seperti pemain sepak bola Argentina, Claudio Caniggia. Dan kala itu remaja Taiwan sedang demam Meteor Garden, sinetron remaja yang bintangnya berambut gondrong. Dan akibatnya adalah otomatis saya diposisikan sebagai remaja, bukan sebagai manajer yang mendampingi direktur. Kondisi ini membuat urusan bisnis jadi lumayan kikuk, walau saya mengenakan jas lengkap sekalipun.

Sudahlah, suatu ketika kita ingin terlihat tua, suatu saat ingin terlihat lebih muda, suatu saat lebih wise nampak sebagaimana usia sebenarnya. [] haris fauzi - 8 nopember 2012

2 comments:

Mbak Iis said...

bersyukur di kasih wajah kayak baby face...awet muda itu dambaan setiap orang, bersyukur aja...salam kenal

harissolid said...

Alhamdulillah...trims atensinya. Salam kenal juga...