Saturday, December 19, 2009

kenisah : beckham

BECKHAM

"It has been an honour and privilege to captain my country but, having been captain for 58 of my 95 games, I feel the time is right to pass on the armband as we enter a new era ... ", ( Beckham as England Captain, Wikipedia ).

Tidak banyak yang tidak mengenal sosok yang satu ini. Namanya David Beckham. Profesinya penendang bola. Prestasi terbaiknya adalah bersama kesebelasan alot dari divisi utama Inggris, Manchester United, menjadi juara tiga gelar di akhir tahun sembilan puluhan -tepatnya tahun 1999. Prestasi gemilangnya dimulai dari awal, ketika bersama sahabatnya di sekolah sepak bola Manchester United --Gary Neville-- ikut dipromosikan untuk bermain di liga profesional di tahun sembilan puluhan, saat itu usianya masih belasan tahun.

Dengan cepat sosok Gary Neville menjadi seorang wing-back pertahanan yang semakin lama semakin tangguh. Dan bahkan Neville adalah pemain bertahan yang kerap mampu mencetak gol. Demikian juga dengan Beckham yang daya jelajahnya sebagai gelandang semakin hari semakin jauh. Gemintang Beckham makin bersinar ketika ternyata Beckham memiliki keistimewaan yang jarang dimiliki pemain bola biasanya, yakni Beckham sangat fasih menendang jarak jauh. Baik menendang sebagai pengumpan yang akurat, atau berfungsi sebagai penendang eksekusi jarak jauh. Tak jarang umpan lambungnya begitu mudah di-'patuk' dan dieksekusi oleh rekannya sehingga berbuah gol. Kerap pula kita melihat bagaimana tendangan jarak jauhnya yang demikian keras mampu membobol barisan pertahanan lawan dan berbuah gol spektakuler.

Berbeda dengan Neville --pemain yang lihai menggiring bola-- yang lebih memilih berkonsentrasi penuh dengan dunia sepakbolanya, David Beckham yang tidak istimewa dalam menggiring bola ini ternyata mempunyai wawasan lain. Sebagai seorang bintang, Beckham memutuskan juga berkiprah di dunia entertainment, menjadi model iklan, dan setelah model rambutnya menjadi perhatian dunia, akhirnya Beckham memantabkan diri sebagai selebritis dengan menikahi seorang penyanyi ternama, Victoria Adams Spice Girl.

Kejutan demi kejutan, prestasi demi prestasi, penghargaan demi penghargaan, gol demi gol dituai oleh Beckham, hingga Beckham menjadi pemain utama langganan Tim nasional Inggris. Ketika Beckham memasuki lapangan, tak jarang gemuruh tepuk tangan penonton menyertai langkahnya. Sebagai pemain nasional, Beckham ikut meningkahi Tim Piala Dunia Inggris di Piala Dunia tahun 1998, dimana seluruh dunia tak bakal melupakan kericuhannya dengan pemain Argentina, Diego Simeone. Kasus yang mematangkan jiwa sportivitas Beckham.

Setelah itu bukannya usai. Karir David Beckham makin melejit, baik sebagai pesepakbola tendangannya dikagumi maupun sebagai selebritis yang rambutnya banyak diikuti oleh kepala manusia di jagad ini. Hingga pada tahun 2003 kesebelasan kaya raya Real Madrid meminangnya. Di Real Madrid, profesi pesepakbola dan sebagai selebritis melengkapi kehidupannya. Di Madrid kaki Beckham yang dahsyat dan rambut yang stylish dipuja banyak orang.

Karirnya yang penuh kejutan dan prestasi, baik di kompetisi Inggris Raya maupun Eropa, membawa Beckham pada tahun 2000-an mencapai jabatan tertinggi di persepakbolaan Inggris. Di antara persaingan gemilang pemain nasional Inggris seperti Michael Owen, John Tery, Gary Neville, dan bejibun pemain hebat lainnya, ternyata manager tim memilih David -si nomer tujuh- Beckham untuk diangkat sebagai kapten kesebelasan nasional Inggris.

Sebagai kapten tim kesebelasan yang demikian disegani, Beckham membawa pasukan tim nasional Inggris dalam dua kali kejuaraan piala dunia, yakni tahun 2002 dan 2006.
Dengan sepasukan anak muda yang penuh tenaga, ternyata -mungkin- optimisme publik terlalu berlebihan dengan meletakkan target untuk menjadi juara dunia. Tugas meraih gelar juara dunia itu ada di pundak Beckham.

Seperti lazimnya, terjadi kejutan - kejutan dalam dua kejuaraan paling heboh di muka dunia itu. Tidak banyak yang menyangka bahwa Beckham dan tim Inggris ternyata tidak berbuah kilau. Dalam dua piala dunia tersebut Beckham gagal memenuhi ambisinya, ambisi tim-nya, ambisi negaranya. Kesebelasan Inggris gagal di dua kejuaraan piala dunia tersebut.

Atas kegagalan tersebut, --utamanya tahun 2006-- Beckham merasa bersalah. Apa yang dirasakan galau dalam hati Beckham tidaklah semua orang bakal mengetahuinya. Yang jelas, kepulangan tim Inggris tanpa piala dalam piala dunia 2006 sungguh memukul perasaan Beckham. Di tengah elu pendukung yang memujanya --walau gagal meraih piala publik Inggris tetap memuja tim kebanggaannya-- ternyata Beckham memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai kapten kesebelasan Inggris.

Sejatinya tidak ada undang - undang yang memaksanya untuk meletakkan jabatan. Tidak ada dewan khusus yang menghimbaunya meletakkan jabatan. Tidak ada pula desakan dari publik dan media massa yang memaksanya untuk meletakkan jabatan sebagai kapten kesebelasan. Tidak juga atas kegagalan, naik turunnya kapten kesebelasan lazimnya hanya dilandasi oleh pilihan manager tim.

Namun Beckham bertindak laksana seorang gentleman yang sesungguhnya. Sepulang dari kejuaraan yang sangat menggetarkan jiwanya itu, Beckham membacakan pidato pengunduran dirinya sebagai kapten tim. Jabatan jumawa yang dikejar banyak orang itu dia letakkan dengan satu alasan. Alasan moral.
Beckham adalah Beckham. Ayah tiga anak yang memang berusaha untuk menjadi seorang gentleman dengan meletakkan jabatannya ketika dirinya memang merasa hal itu adalah kewajibannya. Karena Beckham merasa hal itu adalah sebaiknya seperti itu. [] haris fauzi - 20 desember 2009



salam,

haris fauzi

No comments: