Monday, January 24, 2011

kenisah : bundel

BUNDEL

Awalnya ada 400-an artikel dan terus bertambah, dan lantas coba disortir menjadi sekitar 200-an. Pada beberapa tahun lalu, senyampang kesediaan dari Bung Anwar Holid - kontributor Republika, untuk mengisi kata pengantarnya, Kakak saya, Ghufron Alfat bersedia mengatur tata-letak dan tipografinya. Izmi Noviarti sukarela menjadi editor amatiran. Menyortir artikel demi artikel.

Berjalannya waktu, beberapa 'metodologi' pencetakan buku dicoba, termasuk oleh mbak Indrayani yang mencoba mengikutkan kontes. Walhasil semuanya gagal terealisasi karena beberapa keterbatasan. Mas Hilman --temen saya jaman pers mahasiswa-- suatu hari mengusulkan untuk cetak dan distribusi ala indie, cuma sayangnya terkendala dana.

"All about Friendship". Bisa jadi saya tidak melakukan apapun. Semua dilakukan oleh dan atas dukungan orang lain. Termasuk banyak masukan dari teman alumni seperti mas Irvan Wirayudha, mbak Aslihatin, mas Win Sukardi, dan mas Wahjoe Wurjanto. Teman cyber seperti SeaVioletFish dan Hendry juga banyak memberi masukan.

Dukungan berupa testimoni juga muncul dari Jockie Suryoprayogo --musisi top itu, juga dari Heyder Affan --teman pers mahasiswa yang kini aktif di BBC. Dan tentunya dukungan dari Lek Aji Surya --diplomat yang kini bermukim di Moskow, yang telah merilis tetralogi buku-nya.

Suatu hari satu orang temen nongkrong bernama Kang Yayan mencoba untuk mereduksi menjadi 80 artikel, dan lantas bareng Reza melakukan penggandaan manual dengan sampul hard cover. Atas ulah Kang Yayan dan Reza inilah lahir master Bundel Kenisah setebal 300-an halaman. Ternyata lumayan juga kualitas penggandaan fotokopi manual ini. Hard cover warna putih pilihan teman saya, Agus Sp, memberi kesan eksklusif. Begitulah, atas peran semua orang, maka lahirlah 'Buku Putih Kumpulan Kolom KENISAH'. Dan jangan lupa juga, ucapan terima kasih kepada para teman yang telah memesannya... Hehehe...[] haris fauzi - 24 Januari 2011



1 comment:

Anonymous said...

Mantap Mas Haris.

Susilo