Tuesday, April 14, 2015

syiah

syiah yang saya ketahui dalam 20 poin :

1. syiah ada semenjak era khalifah utsman bin affan. dirintis oleh para pengikut ali bin abi thalib. kelompok ini kelak kemudian dilanjutkan dipimpin oleh husain bin ali, dan kemudian ali bin husain (ali zainal abidin).

2. pada masa khalifah ali bin abi thalib, muncul gerakan syiah radikal dipimpin oleh ibnu saba, seorang yahudi yang mempelajari islam. ibnu saba mempopulerkan gerakan anti umar. karena ulahnya tersebut ibnu saba kemudian diasingkan oleh ali bin abi thalib.

3. dalam pemerintahan ali bin abi thalib, pada ujung perang melawan pemerintahan muawiyah, gerakan khawarij muncul dari kelompok yang tidak puas dengan kepemimpinan ali bin abi thalib, dan mana kemudian memisahkan diri dari baiat ali bin abi thalib namun tidak bergabung dengan kelompok muawiyah.

4. beberapa tahun setelah pemerintahan khalifah ali bin abi thalib, zaid bin ali bin husain bin ali, memegang kendali syiah dan memperbesar jumlah pengikut. kelak, pengikut zaid terkenal dengan sekte syiah zaidiyyah.

5. zaid bin ali menghormati khulafaur rasyidin (abubakar as-shiddiq, umar bin khattab, utsman bin affan, dan ali bin abi thalib). pada masa ini menjamur sekte - sekte syiah, termasuk sekte ismailiyyah yang konon berkembang di tanah afrika. sekte - sekte ini muncul karena perbedaan tata ibadah, dan atau berbeda dalam hal imam - imam. sekte ismailiyyah berkontribusi membangun perguruan al-azhar di kairo.

6. pada masa zaid bin ali, muncul kelompok yang membenci umar + abubakar. kelompok ini kemudian diusir oleh zaid bin ali dari syiah. alasan zaid mengusir mereka adalah, zaid menghormati pemimpin - pemimpin leluhurnya, zaid tidak mungkin mengesampingkan abubakar dan umar.

7. kelompok yang terusir (rafidhah) dari syiah tersebut menjauhi kelompok zaidiyyah dan membentuk kelompok radikal yang populer bernama "rafidhah". konon kelompok ini sempat berinteraksi dengan kelompok bin saba yang pernah diusir oleh khalifah ali bin abi thalib, dengan alasan yang nyaris sama.

8. rafidhah adalah kelompok yang diusir dari syiah karena kelompok tersebut mencemooh abubakar dan umar, sementara syiah yang kala itu dipimpin oleh zaid bin ali sangat menghormati semua khulafaur rasyidin.

9. akibat pengusiran tersebut, maka kelompok besar syiah terbelah menjadi dua, yakni yang menghormati abubakar + umar dipelopori oleh zaid bin ali, serta kelompok yang mencemooh abubakar + umar dipelopori oleh kelompok rafidhah. karena terusir, rafidhah ini sejatinya bukan sekte dalam syiah.

10. dari sisi imamah, selain ismailiyyah (mengakui 7 imam), zaidiyyah (mengakui 5 imam), pada perkembangannya muncul juga sekte itsna asyariyyah (mengakui 12 imam). dalam era modern sekte ini belakangan berkembang pesat di persia.

11. sekte itsna asyariyyah mengakui khulafaur rasyidin, mengutamakan tauladan ali bin abi thalib, namun tidak mencemooh abubakar + umar.

12. sekte itsna asyariyyah di persia mulai digoncang problem ketika shah iran reza pahlevi (dukungan amerika serikat) digulingkan oleh gerakan spiritual islam yang dipimpin oleh imam khomeini pada tahun 1979.

13. khomeini kemudian mendirikan republik islam iran yang begitu dibenci oleh amerika serikat dan israel karena dalam undang - undang dasar republik islam iran mencantumkan program kemerdekaan bangsa palestina. konon khomeini termasuk sekte itsna asyariyyah.

14. semenjak reza pahlevi terguling, iran menjadi ancaman bagi amerika serikat. oleh karena republik islam iran berdiri berlandaskan agama, otomatis syiah di iran tak henti dihajar isyu yang bersumber dari barat. mulai isu sunni-syiah, perang iran - iraq, peperangan suku kurdi, perang saudara di suriah, hingga sengkarut yaman. isyu miring terhadap syiah iran makin keras semenjak imam khomeini wafat.

15. dikarenakan permusuhannya dengan poros amerika serikat, maka problem bagi syiah di iran tidak kunjung berhenti dikarenakan beberapa presiden iran malah mengusung semangat revolusi islam secara berlebihan, diantaranya adalah presiden mahmoud ahmadinejad, yang teridentifikasi sebagai aktivis gerakan revolusi islam iran 1978. ahmadinejad selalu menyerang kebijakan internasional amerika serikat. ahmadinejad juga membangun sistem nuklir di iran yang memprovokasi pemerintahan zionis israel dan amerika serikat.

16. sekte - sekte syiah berkembang secara evolusi di seluruh dunia, diantaranya juga di asia tenggara dan di indonesia, hingga kurang jelas lagi identifikasi sekte-sektenya.

17. dalam buku MUI tentang syiah, diakui bahwa rafidhah dianggap sebagai sekte menyimpang dari syiah. kesesatan rafidhah banyak ditentang oleh sunni di indonesia. namun dari sisi lain pengikut rafidhah di indonesia menyebut dirinya sebagai "syiah" saja. dalam beberapa term, penyebutan ini menimbulkan kerancuan dengan sekte zaidiyyah ataupun sekte itsna asyariyyah. karena rafidhah jelas - jelas mencela khalifah abubakar + umar, sementara zaidiyyah tidak.

18. dalam pidato-pidato pemimpin republik islam iran, selalu dicantumkan penghormatan kepada semua khulafaur rasyidin ditambah dengan keutamaan ahlul bait. ini membuktikan bahwa pemimpin republik islam iran yang berafiliasi dengan sekte itsna asyariyyah adalah bukan rafidhah dan bukan pula dari kubu ibnu saba.

19. dalam isyu syiah yang masuk indonesia, syiah adalah didirikan oleh ibnu saba, seorang yahudi anti umar. padahal ibnu saba kemudian diasingkan oleh ali bin abi thalib. kerancuan ini menjeneralisir sekte - sekte syiah lainnya.

20. wallahu'alam

No comments: