Monday, January 19, 2009

kenisah : an extraordinary life

AN EXTRAORDINARY LIFE *)

 

....

Love everlasting, or lost on the way

The smiles and the frowns, the ups and downs Of fortune turning

The twists and turns, the lessons learned, The bridges burning

Nights to remember and never forget

 

Go, seize the day,Wake up and say

This is an EXTRAORDINARY LIFE

Enjoy today, Come what may

This is an EXTRAORDINARY LIFE

....

("an Extraordinary Life", ASIA ,PHOENIX 2008,Wetton/Downes)

 

 

Ada sekelompok musisi yang berkumpul kembali setelah sekian tahun tidak bekerja sama menggarap nada. Mereka adalah John Wetton,Steve Howe, Carl Palmer, dan Geoff Downes. Tahun lalu mereka merilis album yang memuat lagu ini, "An Extraordinary Life".

 

Ya. Hidup ini memang luar biasa. Seperti sebuah pertandingan sepak bola. Pertandingan itu disebut luar biasa apabila kedua belah pihak saling serang, saling mencetak gol, keberuntungan silih berganti memihak kedua belah kubu. Yah. Coba apa enaknya menonton sepak bola yang babak pertama saja sudah berakhir 6-0, misalnya. Hambar sekali. Kemenangan yang terlalu mudah. Bagi saya pribadi, sepakbola itu sungguh berkesan bila ternyata babak pertama bertukar gol nyaris seimbang. Skor ideal akhir babak 1 adalah 3-2. Dan babak 2 harusnya adalah 4-4, sehingga terjadi perpanjangan waktu dan harus diakhiri dengan 'sudden-death' atau eksekusi pinalti yang demikian mendebarkan.

 

Saya adalah penggemar kesebelasan Inggris, Manchester United. Saya menggemarinya semenjak mendiang ayah saya naik haji. Ketika ayah tidak di rumah, saya bebas menonton televisi hingga larut malam, dan televisi kala itu menayangkan pertandingan sepak bola dalam acara 'arena dan juara'. Agustus 1986, saya coret kaos sepak bola dengan spidol : MANCHESTER UNITED.

 

Saya menyukai kesebelasan itu karena mereka memang bermain dengan sangat baik. Namun tidak hanya itu, Manchester United sering bermain dalam atmosfer yang sungguh dramatis sehingga menghasilkan pertandingan yang luar biasa. Salah satunya adalah bagaimana sang kiper mencetak gol setelah mendapat umpan tendangan penjuru. Penjaga gawang mencetak gol. Teatrikal sekali, mengundang decak kagum.

 

Dan saya ingat bagaimana dalam final liga Champion Eropa, Bayer Muenchen memimpin 1-0 semenjak babak pertama hingga menit ke 88-an (kira-kira). Manchester United kemudian mencetak gol di menit 89, dan membukukan kemenangan dengan gol kedua di detik injury time. Dua gol paling berpengaruh dalam sejarah sepak bola itu dicetak oleh Ole Gunnar Solksjaer dan Teddy Sherringham, pemain penganti. Pertandingan yang luar biasa. Menjadi sangat luar biasa bagi saya karena kesebelasan kesayangan saya menjadi pemenang. Namun yang membuat demikian luar biasa adalah bagaimana berliku - likunya, bagaimana kemenangan itu diraih melalui pertandingan yang ketat dan menegangkan. Saling serang dengan cepat, silih berganti. Ya. Seperti inilah kira - kira 'an extraordinary match'.

 

Demikian juga dengan hidup ini. Dalam tulisan kali ini sebenarnya saya tak hendak menulis tentang pertandingan sepak bola. Saya ingin menulis tentang suka - duka dalam hidup ini. Mudah - susah, tawa - tangis yang menghiasi jalannya hidup kita. Dan seperti sepak bola, kejadian yang dramatis dan teatrikal seperti ini membuat kehidupan menjadi 'sangat luar biasa'.

Mengapa ada kesulitan ?

mengapa ada kesedihan ?

bukankah lebih senang bila selalu tertawa ?

Dalam keadaan selalu tertawa, hidup yang dinamis ini kehilangan cirinya. Karena pada dasarnya kehidupan itu adalah kejutan. Selagi kita bisa berpikir tentang apa yang harus dilakukan, kita akan berdiri tegak tidak akan ambruk. Dan lagi, pelajaran - pelajaran dalam perjalanan hidup itu lebih mudah dan banyak didapat bila terjadi pasang - surut. Seperti nelayan, dia akan tangguh bila dilatih oleh ombak yang senantiasa hendak melemparkan perahunya. Ah. Saya jadi terlalu berteori seperti tukang khotbah. Namun percayalah, apa yang disampaikan oleh John Wetton dan Geoff Downes tentang 'an extraordinary life' adalah benar belaka. Pergantian senyum dan cemberut (smiles & frowns), keberuntungan (ups & downs fortune turning) adalah hal - hal yang bisa membuat hidup ini menjadi demikian luar biasa.

...

I gave it all, my cards have fallen

But I'm still alive

And in the end, believe my friend

I will survive

...

Ya. Go, seize the day ! [] haris fauzi - 19 Januari 2009

 

 

*) judul lagu dalam album ASIA" PHOENIX "(2008), karya Wetton/Downes.

salam,

haris fauzi

No comments: