Wednesday, August 26, 2009

kenisah : tarawih memiliki jeda

TARAWIH MEMILIKI JEDA

Inilah 'kisah petualangan' saya dalam melaksanakan sholat tarawih. Jaman SD sampai SMP saya berkesempatan mengikuti shalat tarawih di mesjid - mesjid. Sebagian besar karena mengikuti kemana Bapak pergi menjadi imam. Maklumlah, Bapak saya tentara, tetapi musuhnya setan. Begitu istilah rekan - rekannya. Hal ini adalah karena Bapak infanteri 'jurusan' kerohanian, bukan ngurusin perang semacam operasi Timor - Timur yang kala saya SD sangat marak yang mana kebanyakan relasi Bapak seringkali ditugaskan ke wilayah konflik dengan Fritilin tersebut. Dan karena jurusan kerohanian, maka Bapak lebih sering berurusan dengan sejumlah mesjid ketimbang dengan tangsi dan barak. Mungkin ada sekitar dua - puluhan mesjid yang musti dia satroni dalam sebulan Ramadhan.

Pada masa itu, sekitar tahun 80-an, seingat saya Bapak menerapkan dua ragam sholat tarawih. Yang pertama adalah delapan rakaat yakni empat kali sholat dengan masing - masing dua rakaat. Dan satunya lagi adalah --delapan rakaat juga-- namun terdiri dari dua sholat yang masing - masing terdiri dari empat rakaat.

Saya ingat betul, bagaimana Bapak musti mempersiapkan segala sesuatunya untuk menjadi imam di sebuah mesjid. Beliau sering datang lebih awal untuk sekedar bertemu dengan para pengurus mesjid dan lantas menanyakan,"..disini tarawih seperti apa ? ...dua rakaat salam, atau empat rakaat salam ?".

Pertanyaan yang lain yang diutarakan Bapak kepada para pengurus mesjid diantaranya adalah bagaimana urutannya, apakah isya - tarawih - khutbah- baru witir, ataukah witir dulu baru khutbah. Ataukah khutbah dilakukan setelah sholat isya. Ini semua tergantung kultur mesjid masing - masing. Mau empat - empat, mau dua - dua, atau mau khutbah dulu, what-ever-lah. Dan Bapak saya biasanya mengikuti kehendak mereka.

Ketika Bapak berdialog dengan pengurus mesjid, saya biasanya bercengkrama dengan sesama anak - anak biang ribut di mesjid, berlarian kesana kemari melecut - lecutkan sarung dan melempar kopiah. Kadang membikin heboh dengan menyalakan mercon di teras mesjid dan berebut memukul bedug. Kadang pula saya minta diajari puji-pujian atau bacaan niat puasa yang dilagukan,"Nawaitu...shauma...", yang seperti itu. Yah, namanya juga anak - anak, maunya bersenang -senang walau di mesjid sekalipun.

Sayangnya saya belum pernah tau persis bagaimana komentar Bapak bila atau ketika diminta menjadi imam tarawih yang belasan (atau dua puluh  ya ?) jumlah rakaatnya. Memang ada lagi macam tarawih yang konon dipopulerkan oleh Umar bin Khaththab, yakni yang jumlahnya --kalo nggak salah-- dua puluh rakaat. Setau saya Bapak belum pernah melakukannya,  namun dia membiarkan ketika mengetahui saya pernah melakukannya. "Silakan saja.... Asal jangan terburu - buru...musti tetep dijaga kekhusyukannya...dan ada jarak antar sholat, ....", hanya begitu komentarnya ketika saya suatu kali melakukan paket sholat tarawih yang 'likuran' itu.

Semenjak masa SMA yang mana jarak jangkau saya makin melebar kemana - mana, maka makin beragam-lah sholat tarawih yang saya jalani. Maklum, kadang saya menjadi makmum dari Bapak, kadang saya kluyuran ke mesjid lain bareng teman, termasuk dimana saya beberapa kali mengikuti sholat tarawih di mesjid yang menerapkan banyak rakaat. Dan tentunya pula tak jarang sholat tarawih sendirian. Ternyata sholat tarawih sendirian semacam inilah yang bikin males dan sableng. Kalo kala itu lagi kumat malesnya, saya sholat tarawih delapan rakaat sekali hajar, sekali salam. Trus, sholat witirnya cuma satu rakaat. Maklum, saya berpegangan bahwa witir adalah ganjil penutup. Maka saya pakai angka satu rakaat.

Itu kalo sableng. Kalo pas lagi otaknya bener, saya menunaikan tarawih di mesjid, namun menunda witir, dengan harapan sebelum sahur saya masih bisa mengerjakan dua kali shalat tahajjud dan lantas di tutup tarawih tiga rakaat. Kayaknya ritual yang inilah yang paling menggembirakan Bapak saya. Kelihatan alim gitu. Hahahahaha. Gimana enggak ? Habis berbuka, langsung tancap ke mesjid. Pas mau sahur, berwudlu dan sholat dulu. Habis gitu ditambah sholat fajar sebelum subuh. Alim kan ?...hihihihihi....

Tentang ritual sholat tarawih di mesjid, saya juga ingat bagaimana Bapak tetap 'menjaga' agar bisa beberapa hari melaksanakan sholat tarawih di rumah. Maksudnya, dalam sebulan Ramadhan tidak semua tarawih dikerjakan di mesjid - mesjid.

Memang, karena dalam beberapa referensi menyatakan bahwa Nabi Muhammad melakukan sholat tarawih kebanyakan di rumah. Sementara Umar bin Khaththab mempopulerkan sholat tarawih di mesjid. Untuk ihwal ini beberapa kali Bapak dilanda dilema, ketika banyak permintaan untuk menjadi imam di suatu Ramadhan, sehingga hal ini mungkin tidak menyisakan satu hari-pun untuk tarawih di rumah. Menolak menjadi imam adalah kemustahilan, bukan ? Akhirnya biasanya Bapak menghendaki sekitar tiga sampai lima hari guna sholat tarawih di rumah, terutama pada tanggal satu Ramadhan.

Tarawih adalah sholat malam yang dilaksanakan di bulan Ramadhan. Kita semua tau itulah. Dari makna bahasa kurang lebih arti kata 'tarawih' adalah 'jeda' atau 'rehat'. Itulah kenapa ritualnya tidak bisa dilakukan dengan terburu - buru. Karena banyak rakaatnya, maka diperlukan jeda waktu diantara sholat-sholatnya. Istirahat untuk menarik nafas panjang. Gitu istilahnya. Mangkanya beberapa mesjid mengumandangkan do'a diantara sholat tarawih. Kurang lebih isi do'anya begini :"Subhanna malikil kudus, robbuna wa robbulmalaikatiwaruuuh...". Salah satu manfaat do'a ini adalah memberikan waktu jeda antara pelaksanaan sholat - sholat tarawih.

Karena berarti 'jeda', maka Bapak --yang menerapkan delapan rakaat tarawih-- favoritnya adalah melaksanakan sebanyak dua rakaat kali empat sholat. Artinya, makin banyak pula jedanya. Memang, Bapak selalu tidak terburu - buru dalam melaksanakan tarawih. Ketika selesai salam, beliau duduk sebentar, komat - kamit sebentar --membaca do'a tadi--, baru berdiri lagi untuk menegakkan sholat tarawih berikutnya. Ya karena berlandaskan definisi di atas bahwa sholat tarawih sebaiknya memiliki jeda antar sholatnya. Secara awam, jeda ini bermanfaat untuk mengurangi perasaan 'kebut-kebutan' yang mengganggu kekhusyukan.

Dan karena sholat tarawih itu terbilang cukup banyak rakaatnya, maka pula, konon Umar bin Khaththab menginginkan dilaksanakan berjamaah di mesjid. Selain untuk memakmurkan dan meramaikan mesjid sekaligus merapatkan barisan ummat, dengan sholat tarawih berjamaah, semuanya jadi lebih ringan. Kalo nggak percaya silakan ukur sendiri. Ringan mana antara sholat tarawih sendirian dibanding berjamaah. Suer. Sholat tarawih sendirian bakal lebih capek.

Dalam sebuah alasan, mengapa Rasul Muhammad tidak melaksanakan tarawih di mesjid, maka Muhammad menyampaikan bahwa dia khawatir tarawih akan dijadikan sebagai sholat wajib,"...karena tidak semua ummat-ku mampu melaksanakan sholat sebanyak itu...". Nah, begitulah kurang - lebihnya mohon maklum. [] haris fauzi - 26 agustus 2009

salam,

haris fauzi


5 comments:

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]nero 9 patent authorization, [url=http://firgonbares.net/]buy photoshop 5[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] do i buy photoshop cheap gis software
academic software licence [url=http://firgonbares.net/]nero 9 review[/url] Adobe Acrobat 9 Pro
[url=http://firgonbares.net/]buy software online[/url] Extended Retail Price
[url=http://firgonbares.net/]office software package[/url] free autocad fonts
professional oem software [url=http://firgonbares.net/]compare software prices[/b]

Anonymous said...

[url=http://sunkomutors.net/][img]http://sunkomutors.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]microsoft software update, [url=http://sunkomutors.net/]windows vista 64 bit[/url]
[url=http://sunkomutors.net/][/url] adobe photoshop cs4 classroom in a book for sale discount software students
windows xp help [url=http://sunkomutors.net/]pirated software canada[/url] acdsee 7 license key
[url=http://sunkomutors.net/]microsoft music software[/url] buying academic software
[url=http://sunkomutors.net/]discount adobe software[/url] buy educational software
Leopard FileMaker Pro 10 [url=http://sunkomutors.net/]adobe trial software[/b]

Anonymous said...

[url=http://murudobaros.net/][img]http://murudobaros.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]buy discount software, [url=http://murudobaros.net/]ms office 2007 enterprise[/url]
[url=http://murudobaros.net/]can windows xp look like windows vista[/url] discount childrens software hardware store software
software at academic [url=http://murudobaros.net/]best software store[/url] software in order to
[url=http://murudobaros.net/]oem software licence[/url] office use software
[url=http://murudobaros.net/]autocad piping flow diagram isometric sample[/url] discount oem software
legal to buy oem software [url=http://murudobaros.net/]trial software downloads[/b]

Anonymous said...

[url=http://hopresovees.net/][img]http://bariossetos.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]i lost my microsoft office 2003 product key, [url=http://vonmertoes.net/]discount software san[/url]
[url=http://vonmertoes.net/][/url] Pro Extended Retail Price sale software systems
buy used software [url=http://hopresovees.net/]Pro Finale 2009 FileMaker[/url] to buy microsoft software in
[url=http://bariossetos.net/]is oem software legal[/url] adobe photoshop cs4 serials
[url=http://vonmertoes.net/]academic referencing software[/url] microsoft office 2003 code
microsoft office 2003 code [url=http://hopresovees.net/]Pro Mac Retail[/b]

Anonymous said...

[url=http://vonmertoes.net/][img]http://vonmertoes.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]software in order to, [url=http://hopresovees.net/]purchase microsoft software[/url]
[url=http://hopresovees.net/][/url] buy microsoft office 2007 software cheap software world
macromedia software flash fl4about [url=http://hopresovees.net/]coreldraw[/url] 9 Pro
[url=http://bariossetos.net/]uninstalling nero 9[/url] microsoft office 2003 basic
[url=http://bariossetos.net/]free macromedia flash animation software[/url] use oem software
oem software on another [url=http://hopresovees.net/]office software purchase[/b]