Thursday, February 14, 2008

kenisah : tiga bernama zeppelin

TIGA BERNAMA ZEPPELIN

Kalau dari umur, jelas yang musti di bahas duluan adalah Ferdinand Zeppelin. Tentara pantang menyerah yang lahir tahun 1840-an. Kumisnya tebal melintang. Orang Jerman. Orangnya pintar dan pantang putus asa. Ferdinand bukan orang yang populer bila ternyata bukan dia yang menciptakan balon terbang. Ferdinand adalah otak di belakang penciptaan balon terbang yang sangat terkenal, Zeppelin. Terkenal karena sungguh spektakuler, dan terkenal karena sering celaka. Nggak banyak yang mengerti seperti apa Mr. Ferdinand von Zeppelin ini, apalagi saya. Yang jelas selain ulet, dia juga punya cukup banyak relasi yang mau mendukung dan mendanai proyek ambisiusnya mencipta balon terbang. Apalagi kabarnya pucuk komando pasukan Nazi kepincut dengan aksi balon terbang hingga juga ikut inden pesan balon ajaib hasil tiupan Mr. Ferdinand ini.

Balon Zeppelin yang muncul diperbatasan akhir 1899 dan awal 1900-an ini aslinya terkenal dengan sebutan LZ. Bukan kependekan dari Led Zeppelin,-- tapi dari Luftschiff Zeppelin. Gitu kata ensiklopedi. Inilah balon yang lebih terkenal daripada tukang tiupnya sendiri. Balon Zeppelin adalah balon terbang yang nggak cuma terbang buat mainan, tetapi berfungsi sebagai alat angkut. Angkut - angkut manusia, angkut - angkut barang, dan angkut angkut bom ketika perang dunia pertama. Ya pasti besar sekali balonnya, jelas kalo ditiup pake mulut akan 'ledez' bibir tukang tiupnya.

Walau pada awalnya termasuk 'benda' yang populer karena sering celaka, nyatanya sampai sekarang balon Zeppelin masih ada. Kecelakaan terbesar diantaranya adalah yang menimpa Zeppelin yang bernama lambung 'Hindenburg'. Yang mana ekornya terbakar lantas api melahap badan hingga kepala dalam waktu singkat, katanya nggak lebih dari lima menit. Kejadian ini pernah di filmkan, saya pernah simpan brosur iklannya, nggak tau sepanjang apa filmnya, soalnya kejadiannya kan cuma sebentar.

Di Inggris, tahun 1969 muncul Zeppelin yang mungkin paling nge-top hingga sekarang. Mereka adalah kelompok musik empat orang yang rada nyentrik. John Bonham yang meninggal dan lantas bikin bubar kelompok tersebut, Jimmy Page yang menyukai klenik, John Paul Jones yang kabarnya pendiam, serta Robert Plant yang suka pake asesoris menor.

Mereka berkumpul dan berkarir cuma sepuluh tahun, ambyar di tahun 1980. Cuma membuat delapan album, yang kabarnya itupun sengit dan alot banget. Lantas bubar, tapi saling janji setia karena bertekad nggak akan ada pemain substitusi. Walau sekejap, tapi Led Zeppelin diakui sebagai kelompok musik paling berpengaruh di rimba musik rock setelah legenda The Beatles. Kalau anda nggak mengakui, setidaknya saya mengakui dengan ikhlas.

Terbukti konser reuni akhir tahun 2007 yang cuma sekali - sekalinya dan terpaksa memakai pemain substitusi untuk John Bonham yang digantikan anaknya, tiketnya jadi rebutan orang se-dunia. Tiket yang dijual on-line itu sempat down servernya karena telalu banyak diakses peminatnya. yah. Begitulah dongeng singkat tentang tiga Zeppelin. [] haris fauzi - 14 Februari 2008



salam,
haris fauzi


majalah solid
situs keluarga
kolom kenisah



Looking for last minute shopping deals? Find them fast with Yahoo! Search.

No comments: